1001 Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil dan Bayi

pixabay.com

1Detikaja.com– Jagung merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia. Yang mana dapat di jadikan sebagai pengganti nasi. Pada masa penjajajhan dulu , jagung sering di konsumsi oleh masyarakat dengan tingat kemiskinan rendah. Jagung mereka olah untuk mencukupi makanan sehari-hari saat tidak adanya beras. Jagung Kaya akan nutrisi, mineral serta protein sehinga nutrisi masyarakat saat zaman penjajahan terdahulu dapat tercukupi.

Jagung dapat di oleh menjadi beberapa panganan lokal. Tak jarang para produsen makanan ringan menggunakan perisa jajanan mereka dengan rasa jagung. Mengkonsumsi jagung di saat masa-masa kehamilan akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk si ibu hamil maupun si bayi yang ada dalam rahim. Beberapa manfaat dari jagung bagi ibu hamil ialah menguranginya masalah cacat pada otot bayi.

Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil dan Bayinya

1. Selalu menjaga Kesehatan Plasenta

Plasenta merupakan tempat dimana calon bayi berada, di dalam palsenta segala aktifitas bayi selama 9 bulan 10 hari di lakukan mulai dari tumbuh kembang hingga saat proses persalinan nanti terjadi. Agar kesehatan pada plasenta tetap terjaga, Ibu hamil di haruskan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung Kalium. Di dalam jagung terdapat kandungan kalium yang mampu menambah asupan kalium pada ibu hamil sehingga akan menyehatkan calonbayinya serta menjagakesehatan plasenta.

2. Mengatasi Anemia Pada Masa Kehamilan

Saat masa kehamilan si ibu sering mengalami yang namanya pusing saat bangun dari tidur atau hendak pingsan saat bangun dari duduk. Cirri-ciri ini menandakan si ibu sedang mengalami anemia atau kekurangan darah. Sehingga si ibu sangat memerlukan sel darah merah yang banyak , agar janin tetap sehat. Selain mengkonsumsi daging merah dan sayur hijau yang kaya akan zat besinya, mengkonsumsi jagung merupakan alternative lain yang dapat di terapkan saat mengalami anemia. Karena di dalam jagung terdapat vitamin C yang akan membantu dalam penyerapan zat besi di setiap makanan yang masuk ke mulut.

3. Mencegah Masalah Cacat Otot pada Janin

Zeaxanthin merupakan salah satu zat yang terkandung di dalam jagung. Kandungan ini mampu membantu dalam hal menjaga kesehatan otot pada bayi. Zeaxanthin jugalah salah satu factor yang mempengaruhi berat bayi saat lahir, sehingga mengkonsumsi jagung secara rutin akan membantu menambah berat bayi saat lahir nanti. Dengan begitu cacat pada bayipun akan mudah di minimalisisir.

4. Kaya Akan asam folat

Asam folat pada jagung sangat di butuhkan oleh ibu hamil. asam folat sendiri berfungsi untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil yang akan berpengaruh terhadap bayi dalah kandungannya. Khususnya dalam tumbuh kembang si buah hati.

5. Menjaga Kesehatan Mata Si Ibu dan Bayi

Manfaat yang akan di dapatkan setelah mengkonsumsi jagung ialah, ter cukupinya asupan vitamin A yang mana akan membantu menyehatkan penglihatan si ibu serta bayi yang ada di kandungannya. Pada jagung sendiri selain vitamin A terdapat pula kandungan Xanthin , beta karoten serta lutein. Kandungan ini akan membantu juga dalam mentransfermasikan Vitamin A ke bayi dalam kandungan. Sehingga bayi akan tumbuh sehat terutama kesehatan matanya.

Itulah 5 dari 1001 manfaat jagung jika di konsumsi oleh ibu hamil. Dengan mengetahui manfaat jagung bukan berarti ibu hamil harus mengkonsumsi jagung setiap hari, cukupi asupan nutrisi lainnya seperti mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayuran hijau. Hal itu akan membantu menjaga terpenuhinya nutrisi ibu serta bayinya.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*