Bagaimana Suasana Hidup dan Suasana Kota Di Yogjakarta ?

1detikaja.com – Pada penasaran dengan kota jogja? belum pernah ke jogja ya? Pandangan orang di hampir seluruh pelosok negeri, kota jogja adalah kota pendidikan yang masyarakatnya rukun dan damai. Apakah benar begitu?

Bagaimana suasana di Yogjakarta?

Tulisan singkat ini akan bisa menjawab pertanyaan sobat yang penasaran dengan kota jogjakarta.

Jogajkarta memang benar sekali bila disebut sebagai kota pendidikan, pasalnya hampir separo masyarakat yang ada dijogja adalah siswa dan mahasiswa. Daerah jogja sangat banyak sekali sekolah, dan universitas, salah satu universitas terkenal di jogja yaitu Universitas Gadjah Mada.

Selain menjadi kota pelajar, di jogja juga banyak sekali orang bekerja, umunya mereka datang dari desa yang bekerja di apartemen, penjaga minimarket, jualan dan sebagainya. Jogja sangat ramai, tidak peduli siang maupun malam. Namun bila malam hanya lokasi lokasi tertentu saja yang ramai, seperti dijalan mangkubimi dan malioboro.

Jogja juga memiliki banyak sekali tempat pariwisata, terutama pantai. Saya tidak bisa menyebutkan 1 per satu karena memang banyak sekali pantai baru yang saya lupa nama dan daerahnya.

Hidup di jogja itu harus santai, tidak bisa kalau grusah grusuh. kehidupan dijogja tidak bisa disamakan dengan kehidupan didaerah tempat tinggal masing masing. Harus menyesuaikan diri pokoknya. Kenapa saya bilang demikan ? untuk menikmati benar kota jogja itu seperti apa? anda harus bisa menjadi orang jogja. Bukan lagi diri sendiri yang masih terpaku dengan perilaku didesa, atau tempat tinggal anda.

Nyaman hidup dikota ini bila anda sudah bisa beradaptasi. Pada waktu beradaptasi dijogja biasanya seseorang akan ketemu dengan apa yang ia pikirkan. Bila ingin berubah menjadi baik, maka akan ditemukan dengan yang baik, bila ingin sama saja, maka akan ditemukan dengan teman yang sama pula seperti di daerah tempat tinggal dulu. Semua itu terasa cepat.

Kalau ingin berwisata kejogja, bisa dipastikan anda tidak akan menyesal deh. Jogja itu kota sesuatu sekali.

Penduduk aslisnya kalau ngomong kasar tapi lembut bahasanya. Kecuali kalau penduduk padepokan atau karyawan kerajaan, pasti bahasanya santun semua.

Hal yang paling menarik untuk dikunjungi pertama kali dijogja adalah TUGU jogja

Apa lagi ya. Kalau mau kuliah disini? banyak sekali pilihan universitasnya, tidak hanya di UGM, untuk kos kos san harga paling murah sebulan adalah 150 ribu, dan paling mahal sebulan bisa 2 juta. Tergantung pilihan.

Bila ingin menetap dan membeli rumah dijogja, sediakan uang minimal 1 Milyar. Soalnya bangunan disini harganya mahal mahal. Atau kalau mau ngontrak rumah, sediakan uang minimal 15 juta, harga segitu biasanya untuk waktu 1 tahun

Makanan dijogja enak enak sekali. Hampir diseluruh deretan jalan menuju tugu jogja. Banyak sekali dijumpai oranng menjual makanan. Kuliner unik di jogjakarta yang terkenal untuk kalangan mahasiswa adalah, angkringa. Warung SS, kalimilk, dan warung stik.

Suasana jogja disiang hari

Suasana jogja dimalam hari

Untuk biaya hidup dijogja tergantung orangnya, 500 ribu sebulan bisa cukup 5 juta sebulan juga bisa kurang.

Jogja bukan hanya dikuasai oleh wilayah kota, jogja juga memiliki sebuah desa. Jadi tidak usah takut hidup dijogja. Hampir semua orang jawa dan mudah diajak untuk komunikasi kok 🙂

Itu saja dulu mungkin mengenai suasana di jogja. Apabila ada pertanyaan tentang kos atau lokasi pariwisata tanyakan saya dikolom komentar. Sebisa mungkin akan segera saya jawab dengan jawaban yang benar hehe

Thanks ya udah baca artikel Bagaimana Suasana Di Yogjakarta ? sampai selesai

Semoga bermanfaat 🙂

2 Comments

Leave a Reply