Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Baca Inspirasi Ini

Bingung Memilih Jurusan Kuliah? – Selmat datang di blog sederhana yang penuh inspirasi ini. Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi informasi seputar dunia kuliah. Informasi ini ditujukan untuk anda yang sedang bingung memilih juarusan kuliah. Dulu saya juga sempat merasakan seperti yang anda rasakan saat ini. Bingung memilih itu wajar, bukankah bingung itu tidak hanya untuk memilih sebuah jurusan kuliah, setiap hal baru yang akan kita pilih biasanya bertemu dengan fase bingung terlebih dulu sebelum kita tau benar apa yang kita pilih tersebut.

Dunia Perkualiahan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan masa sekolah di SMA / sederajat. Kehidupan, pergalulan, sikap itu akan sama saja bila anda mampu mengendalikan diri. Maksudnya disini adalah anda mampu membuat perspektif kehidupan yang sama dengan waktu SMA. Hal yang mendasar yang paling membedakan adalah, tingkat komunikasi antar sesama akan lebih luas. Salah satu tujuan utama pendidikan adalah melatih manusia untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Kuliah tidak memulu harus pandai dalam jurusan kuliah yang digeluti.

“Kecuali anda ingin menjadi dokter, perawat, pilot, dan yang berhubungan dengan jasa yang dibutuhkan manusia” Saya kira bila anda memutuskan untuk memilih jurusan tersebut anda sudah tahu konsekuensinya.

Buat kalian yang masih awam dengan dunia perkuliahan saya akan ceritakan sedikit bagaimana rasanya menjadi seorang mahasiswa. Cerita ini bukannya mau pamer, tapi untuk informasi saja biar kamu tidak merasa minder dengan dunia perkuliahan.

Perspektif seseorang terhadap dunia perkuliahan itu berbeda-beda, apa itu perspektif? Cara pandang seseorang. Saya melihat dunia perkuliahan itu adalah tempat saya mengembangkan keberanian, karena saya waktu SMA belum begitu berani untuk berkomunikasi. Tempat untuk menemukan jati diri, masa kuliah adalah masa yang paling populer untuk menemukan jati diri. Tempat dimana untuk melatih skil, dan ingin menggapai cita cita.

Banyak sekali ya pandangan saya tentang kuliah, ya saya melihatnya seperti itu.

Saat kamu memasuki dunia kuliah, akan ada yang berbeda. Kamu akan ditemukan dengan banyak orang baru, orang tersebut dari latar belakang yang berbeda. Kamu akan menemukan hal hal unik, dan kamu bakal bisa menilai teman mana yang cuma butuh dateng atau yang benar benar setia. Selain masalah dengan hidup, kamu juga akan menemukan ilmu pengetahuan yang lebih luas mengenai dunia luar. Mendapatkan teman yang pas dengan karakter anda.

Bebas menjadi diri sendiri, tanpa harus di bayang bayangi oleh omelan guru. Bebas berpendapat, mengikuti organisasi yang lebih besar. Dan masih banyak lagi yang bisa didapatkan selama kuliah.

Baca juga Bisnis Sampingan Mahasiswa Cocok dengan Modal Kecil

Oh iya, kuliah itu tidak melulu berhubungan dengan kampus, bagi kamu yang dari daerah jauh untuk menempuh kuliah. Kamu bakal ketemu dengan ibu kost / kontrakan dan teman satu rumpun alias satu atap. Jadi harus pandai pandai beradaptasi juga

Tips menentukan jurusan kuliah

1. Tau diri

Anda harus mengetahui diri anda sendiri, apa yang harus diketahui?

Bakat

Banyak siswa atau orang seumuran kamu yang ingin kuliah, tapi belum mengetahui bakat yang ada dalam diri sendiri. Kalau begitu salah siapa? apakah salah guru? orang tua? atau anda sendiri?

Bila anda sudah mengetahui bakat anda akan tahu bagaimana akan hidup di dunia perkuliahan

Phasion

Phasion adalah hal yang anda sukai, dan apabila anda kerjakan anda tidak akan merasa lelah. Ini adalah poin yang sangat membantu dalam memilih jurusan kuliah. Pada saat kamu di SMA pasti memiliki hal yang sangat kamu sukai, dan bila kamu melakukan hal tersebut kamu merasa senang. Cari jurusan kuliah yang menjurus ke pashion kamu

Kemampuan

Bakat sudah phasion sudah sekarang giliran kemampuan. Jangan bilang kalau sampai sekarang kamu belum mengetahui kemampuan kamu. Itu sangat menyedihkan, berarti sekolah kamu kurang sensitif terhadap perkembangan siswa. Cari tahu kemampuan apa yang kamu miliki, kemampuan dan bakat itu berbeda. Kemampuan bisa kamu dapat bila sering berlatih, sedangkan bakat adalah keahlian yang ada sejak lahir.

 

2. Keinginan

Kamu harus tahu keinginan mu kuliah itu untuk apa dan untuk siapa. Kuliah itu biayanya tidak sedikit namun juga tidak mahal bisa saja gratis. Walaupun begitu kuliah tidak bisa dianggap remeh. Waktu yang diperlukan untuk menempuh dunia perkuliahan itu tidak sebentar. Jangan sampai keinginanmu menjerumuskanmu kedalam hal yang merugikan orang banyak

3. Tujuan

Kamu harus menentukan tujuan kamu setelah lulus kuliah sebelum memutuskan untuk memilih jurusan. Hal ini membantu anda untuk semangat dalam menjalani hari hari selama kuliah. Pada kenyataanya banyak mahasiswa yang lelah di tengah jalan karena tidak memiliki tujuan yang jelas setelah lulus dari perkuliahan. All hasil setelah setengah waktu kuliah dijalani banyak dari mereka yang hanya kuliah kuliah saja / tidak serius dalam menjalaninya.

4. Saran dari orang tua

Mintalah saran dari orang tua, orang tua disini tidak hanya orang tua kandung, namun bisa juga guru, teman sekolah yang sudah menempuh kuliah duluan atau orang orang yang sudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Setelah mendapatkan pencerahan dari berbagai saran yang anda temukan, jangan langsung iya iya saja. Di pikirkan terlebih dahulu dan dalam mengambil sikap anda harus sudah memahami ke 3 poin di atas.

5. Akreditas memang penting

Akreditas universitas atau perguruan tinggi juga penting. Tetapi hal ini tentu tidak harus membuat patah semangat apabila nilai anda jelek 😀 becanda. Yap jangan terlalu pesimis dalam memilih universitas. Optimis terus dan coba. Namun bila kamu mendapatkan universitas yang tidak sesuai dengan yang kamu harapkan jangan pernah berkecil hati. Bila kamu merasa tertekan dengan universitas yang nantinya menerima kamu, bisa jadi kamu tidak semangat dalam menjalani kuliah. Itu berdampak buruk bagi keseharian kamu, jalani saja. Semua universitas tujuannya untuk mendidik siswa agar lebih mandiri. Mungkin pada kesempatan kulaih pertama kamu ditempatkan di tempat yang tidak kamu inginkan, tapi kamu gak tau kan kalau misal kamu mau belajar lebih giat lagi, tidak menututp kemungkinan kamu bakal di terima di universitas terbaik untuk melanjutkan kuliah di S2.

Baca juga 10 Contoh Usaha Sekitar Kampus Yang Menjanjikan

Bila kamu ingin menjadi seorang karyawan perusahaan. Inilah jurusan kuliah yang akan dicari sepanjang tahun. Tapi bila kamu ingin menjadi pengusaha, tidak ada masalah dengan jurusan kuliah yang nantinya akan kamu pilih.

Daftar jurusan kuliah banyak di cari

  1. Teknik informatika
  2. Akutansi
  3. Multimedia
  4. Pemograman
  5. Teknik mesin
  6. Administrasi
  7. Pemasaran
  8. Logistik
  9. Pertambangan
  10. Nuklir

Untuk menjadi karyawan yang ingin duduk di kursi perusahaan, tentunya anda harus memiliki kemampuan yang cerdas dalam bidang tersebut. Indonesia sangat membutuhkan bayak ahli yang mau bekerja keras. Jadi tentukan pilihan sebelum anda masuk ke jurusan kuliah yang salah.

Tetapi !!!!

Walaupun anda merasa salah mengambil jurusan anda jangan buru buru untuk langsung keluar. Bisa jadi dengan anda salah masuk jurusan anda akan ditemukan dengan hal yang sangat menarik. Dulu saya sempat keluar kuliah karena merasa salah jurusan. Setelah pindah dijurusan yang saya idam idamkan dan sudah menjalaninya beberapa tahun saya merasa sedikit menyesal karena keluar dari jurusan kuliah yang dulu saya anggap salah.

Di balik masalah pasti ada kabar gembira yang sangat menarik.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih untuk kalian yang sudah membaca artikel ini dengan judul Bingung Memilih Jurusan Kuliah? hingga selesai. Bila berkenan silahkan dishare, apabila ada pertanyaan dan saran silahkan komentar

Salah sukses 🙂

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*