Ketahui, Kenapa dan Apa Penyebab Laptop Lemot?

Banyak hal bisa jadi penyebab laptop lemot. Bisa kerena kebanyakan aplikasi yang kita jalankan, bisa juga karena aplikasi yang berjalan tidak kopatible dengan laptop kita. Tapi tenang saja, semua permasalah itu bisa di atasi jika kita memahami bagaimana solusi terbaik. Nah, di bawah ini kita akan membahasnya secara lengkap.

Penyebab Laptop Lemot

Suatu ketika, ketika menjalankan program corel draw dan photoshop secara bersamaan, tiba-tiba laptop berjalan dengan sangat lambat. Kursor sulit sekali bergerak, membuka microsoft word saja. Rasanya jadai bermenit-menit. Padahal biasanya hanya dengan sekali klik, microsoft word document langsung muncul. Apa karena corel draw dn photoshop yang berjalan bersama bisa jadi penyebab laptop lemot? Berikut jawaban lengkapnya:

  1. Spesifikasi Rendah, Maksa Jalankan banyak Program

Apapun produk teknologi kamu, pasti punya batas kemampuan. Sama seperti smartphone dan juga laptop. Mereka memiliki batas kemampuan yang didefinisikan lewat spesifikasi. Kalau spesifikasinya hanya memiliki memori internal 4 GB, tidak mungkin bisa kamu gunakan untuk menyimpan file sebanyak 5 GB tanpa tambahan memori eksternal. Sama juga dengan RAM (random access Memory), tidak mungkin kamu bisa menjalankan program yang melebihi batas ukuran RAM. Misalnya saja, RAM kamu Cuma 1 GB, mana mungkin kamu bisa menjalankan program lebih dari ukuran itu.

Nah, penyebab lemot laptop kamu bukan kamu menjalankan program melebihi batas spesifikasi. Sebab secara teori dan praktek tidak mungkin bisa dilakukan. Penyebabnya melainkan kamu menjalankan program yang mendekati ukuran spesifikasi. Kalau RAM laptop kamu sebesar 1 GB, jangan sekali-kali kamu menjalankan program yang hampri mendekati ukuran itu. Kalau itu kamu lakukan, sudah pasti laptop jadi lemot.

Selain ram, ada juga CPU dan Disk. Jadi CPU dan Disk kalau terlalu penuh memproses juga bakal lemot. Kamu bisa periksa jenis penyebab ini di Taks Manager. Caranya: tekan saja Ctrl+shift+delete secara bersamaan, nanti kamu bakal lihat pilihan Taks Manager.

  1. Program tak kopatible, masih saja dipaksa

Yah, yang namanya tidak jodonya. Masih saja kamu paksakan untuk jalan bersama. Sudah pasti sering crash dan berantem. Itu juga yang bisa terjadi pada Laptop dan smartphone kamu. Kalau kamu masih maksa menjalankan program yang di desain untuk komputer berkekuatan windows 10, kamu paksa jalan di windows 7, sudah bisa ditebak hasilnya. Walau tetep bisa jalan, jalanya tidak akan mulus. Akan ada banyak rintangan menghadang dan persoalan banyak yang timbul.

Selain masalah kopatible, ada juga persoalan update. Benar program yang kamu jalankan memang kopatibel dengan laptop kamu. tapi kamu tidak pernah melakukan update. Ya otomatis jadi lemot. Sudah banyak bug yang perlu diselesaikan. Jadi jangan ragu untuk update software. Dengan catatan software yang kamu gunakan asli, alias tidak bajakan. Kalau kamu penggemar bajakan, pastilah kamu tidak akan berani update. Sebab kalau di update pasti ketahuan bajakan.

  1. Benarkah karena Virus?

Jawaban paling tepatnya bisa jadi. Kenap bisa begitu? Sebab kalau kamu menggunakan Macbook, alias laptop keluaran Apple yang tidak mungkin lemot karena virus. Sebab Apple cenderng aman dari virus. Tapi kalau yang kamu gunakan laptop selain itu, apalagi tanpa kamu bekali dengan antivirus, sudah pasti jawabnya iya.

Nah, itulah beberapa penyebab laptop lemot. Solusinya, periksa satu-satu masalah di atas. Coba temukan masalahnya dulu, baru cari solusi. Solusi untuk masalah spesifikasi, cobalah untuk beli yang baru yang lebih baik. Benar kan?

 

One Response

Leave a Reply