Mau Beli Sofa? Kenali 9 Jenis Bahan Sofa Terpopuler Ini!

Jenis Sofa

Jika Anda ingin membeli sofa, maka tak hanya faktor harga dan tampilan saja yang harus diperhatikan. Anda juga harus tau bahan dari sofa yang akan Anda miliki. Hal ini karena jenis bahan sofa ini akan mempengaruhi tingkat kenyamanan dan kekuatan dari sofat tersebut, Lantas jenis bahan Jasa Cuci Sofa apa yang harus Anda pilih?

Berikut ini ada beberapa jenis bahan sofa terpopuler yang bisa Anda jadikan pertimbangan ketika membeli sofa.

Polyester

Jenis bahan sofa yang satu ini merupakan bahan serat buatan seseorang secara langsung. Kelebihan dari bahan ini adalah tidak mudah kusut, tidak mudah sobek, dan lebih awet. Polyester juga sering dipadukan dengan jenis bahan lainnya hingga menjadi polyester campuran. Bahan ini seringkali dicampur dengan berbagai jenis bahan seperti rayon dan wool.

Katun

Katun adalah jenis bahan yang paling sering digunakan untuk berbagai perabotan rumah, terutama sofa. Sofa punya tekstur yang lembut dan halus, serta kuat dan tahan lama. Kualitas katun juga dapat dilihat dari kerapatan benangnya. Semakin rapat benangnya, maka akan semakin baik juga kualitas dari katun tersebut. Namun jenis bahan sofa ini mudah kusut. Hal itulah yang membuat bahan katun tersebut sering dikombinasikan dengan bahan lainnya.

Nilon

Selanjutnya adalah nilon, yakni jensi bahan sofa dari serat buatan. Bahan ini sering digunakan untuk pelapis sofa karena beberapa kelebihannya seperti tidak mudah robek, tahan air, elastis, tahan jamur, mudah dicuci dan ringan. Selain itu, kekurangannya jenis bahan ini adalah dapat terdegradasi saat terkena sinar matahari.

Linen

Linen adalah salah satu jenis bahan pelapis sofa. Jika ingin jenis bahan yang kuat, tidak mudah pudar, dan tidak mudah robek serta lembut kainnya, maka Anda bisa memilih sofa dengan bahan pelapis Linen. Jenis bahan ini merupakan serat alami yang sulit menyerap tinta dibanding dengan jenis bahan lain. Oleh karena itu, sofa berbahan linen biasanya ditampilkan dengan polos atau tanpa motif. Kekurangan bahan ini adalah mudah mengkerut, dan bisa kotor.

Chennile

Jenis bahan sofa ini tampak mirip rajutan dan punya tekstur pilihan benang cukup tebal. Kebihan dari bahan Chennile adalah kuat, tidak mudah robek serta tahan lama. Namun, jenis bahan ini sulit dibersihkan saat terkena kotoran. Jika ingin sofa dengan gaya klasik, maka Anda bisa memilih sofa dengan bahan pelapis Chennile.

Rayon (Viscose)

Bahan pelapis selanjutnya adalah Rayon yang merupakan serat dari regenerasi selulosa. Rayon dipilih sebagai pelapis sofa agar menyerupai linen, katun, dan sutra. Harga rayon juga lebih murah serta tahan lama dibandingkan dengan ketiga jenis bahan tersebut. Namun kelemahan jenis bahan ini adalah mudah mengkerut, dan mudah terbakar.

Velvet

Bahan sofa yang satu ini terbuat dari sutera. Seiring berjalannya waktu velvet dibuat dengan bahan sintetis. Hal itu membuat bahan viscose, polyester, dan nilon banyak digunakan Jika memilih jenis ini, maka Anda akan merasakan tekstur yang mengkilap dan lebih halus. Meskipun demikian, bahan pelapis tersebut lebih sulit dibersihkan saat terkena kotoran dan punya harga yang lebih mahal dibandingkan yang lain.

Oscar / Semi Kulit

Oscar adalah jenis bahan yang punya karakteristik mirip bahan kulit. Kelebihannya yakni mudah dibersihkan saat terkena kotoran. Jika ingin sofa yang tahan lama dan bagus, maka Anda bisa memilih sofa dengan bahan pelapis Oscar.

Kain Fabric

Kain fabric adalah salah satu jenis bahan sofa yang sering digunakan oleh pabrikan. Bahan ini punya ciri berupa pori-pori yang cukup besar, hingga dapat dimasuki debu atau hewan kecil. Kelebihan jenis bahan ini adalah lebih dingin dan sangat nyaman jika digunakan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini karena kain fabric punya pori-pori yang lebih besar daripada bahan pelapis lainnya.

Itulah 9 jenis bahan sofa terpopuler yang bisa menjadi pertimbangan Anda saat membeli sofa. Pilihlah Cuci Sofa Bekasi sesuai kebutuhan serta sesuaikan juga dengan ruangan Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*