Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Biar Mudah Di Ingat

1detikaja.com – Tips memilih nama domain untuk blog – Halo teman teman apakah kalian semua sekarang lagi bingung nentuin nama domain untuk blog sobat? Artikel kai ini mungkin dapat mencerahkan sobat dalam pemilihan nama domain untuk blog.

Hal yang paling umum dirasakan oleh blogger pemula ketika ingin memiliki domain baru adalah, takut kalau nama domainnya jelak, tidak seo, kepanjangan, tidak keren, dan sebagainya. Dulu saya juga merasakan hal tersebut, tapi waktu waktu tersebut sudah saya rasakan sejak 2 tahun yang lalu, dan sekarang saya ingin berbagi bagaimana cara menentukan nama domain yang baik untuk blog

Tidak sulit sult amat kok, yang membuat sulit adalah diri kita sendiri.

Oke tidak usah terlalu panjang berceramah

Tips memilih nama domain untuk blog

Poin pertama yaitu

1. Mudah diingat

Untuk anda yang ingin membuat branding melalui blog, usahakan domain blog yang anda gunakan harus mudah diingat. Contoh domain yang mudah di ingat yaitu google.com, bagaimana jika google membuat domain brandingnya menjadi goog_le123.com atau mesinpencarigoogle.com, pasti aneh dan saya yakin sulit sekali untuk diingat. Untuk nama orang gunakan yang singkat saja. Misal namanya pandu adji wijaya, untuk membuat blog dengan branding nama cukup gunakan saja maspandu.com atau pandu.com

2. Jangan gunakan kata kunci dalam domain

Kata kunci dalam domain mempengaruhi seo? Jawaban dari saya adalah bult shit. Saya pernah mendaftarkan domanin dengan kata kunci yang tertaget, hasilnya apa coba? Sama saja, optimasi blognya juga harus sama dengan domain yang tidak menggunakan kata kunci. Sekarang google lebih suka dengan blog yang isinya berkualitas, bukan dari  nama domain yang relavan.

3. Bukan domain gratisan

Domain gratisan seperti yang disediakan blogspot, wordpress, tumblr, jomla, tk, ga dan sebagainya tidak bisa kita pantau sepenuhnya. Domain tersebut adalah milik orang, kita hanya dikasih gratisan. Apabila pemilik domain tersebut ingin menghapus blog kita, kita tidak bisa melarang ataupun menghindar. Pakailah domain yang berbayar, anda dapat menentukan sesuka hati, selama nama domain tersebut belum terdaftar oleh orang lain. Domain berbayar juga bagus untuk branding diri sendiri. Konten bagus, nama sudah terkenal, penghasilan sudah banyak, tapi pakai domain gratisan. Apa kata saya coba ? hehe

4. Bukan domain bekas

Domain bekas umunya digunakan untuk blog PBN, usahakan anda tidak menggunakan domain bekas. Karena apa? anda tidak tahu dulu sejarah pemilik domain tersebut bagaimana, apakah dia teroris, atau bekas domain situs porno dan sebagainya. Kalau ingin membuat branding diri sendiri, usahakan jangan gunakan domain bekas. Kecuali kalau tujuan anda bukan untuk ngbranding diri melainkan menggunakan domain tersebut untuk situs situs seperti becklink.

5. Usahakan tidak mengandung angka dan strip

Angka memang memudahkan orang dalam mengingat sesuatu, namun nama domain yang ada angkanya itu jelek sekali jika digunakan untuk dibuat blog pribadi, kecuali kalau memang untuk sebuah perusahaan itu tidak masalah. Kesannya itu jelek. Coba adna perhatikan ada banyak blog yang menggunakan angka dalam domainnya, pasti terasa janggal. Contohnya mas sugeng, apakah anda tau namanya mas sugeng, beliau adalah blogger kawakan yang sekarang sudah menjadi ahli dalam hal perbloggeran dan pembuatan themplate blog. Awal mula situsnya memiliki nama domain mas-sugeng.com sekarang beliau menggantinya dengan nama sugeng.id. Lebih enak, lebih mudah di ingat.

6. Tidak terlalu panjang

Domain yang terlalu panjang akan susah di ingat. Contohnya adalah searchengineland.com, domain tersebut milik situs terkenal untuk belajar seo, namun karena domainnya yang panjang, saya jadi susah mengingat. Ketika ingin kembali kesitus tersebut saya kesusahan apabila tidak menyimpan nama domain tersebut. Ujung ujungnya saya hanya mengetikkan kata kuci SEO di google, karena blog tersebut masuk dalam halaman utama dan rank pertama. Ingat ya, bagi blogger pemula, usahakan cari nama yang singkat agar mudah di ingat oleh pengunjung.

7. Jangan ikut ikutan

Jangan sekali kali anda mendaftarkan nama domanin googlembahku.com atau yahookudewe.com. karena apa? domain tersebut adalah domain perusahaan raksasa, dan mempunyai reputasi baik bagi kehidupan, apabila anda menjiplak dan mengisi konten kontennya kurang berkualitas, takutnya nanti bisa dikenai tuntutan.

8. Belinya ditempat terpercaya

Beli domain ditempat yang sudah dipercaya, seperti godaddy, atau domainesia, atau ardetamedia. Jangan membeli domain dari orang yang menawarkan harga murah. Harga murah memang selalu menggiurkan, namun anda tidak akan tahu besok dibelakangnya seperti apa. Pastikan anda mempunyai keputusan terbaik dalam membeli sebuah domain.

Baca artikel kami lainnya : Cara memilih hosting yang berkualitas

Kesimpulannya adalah, jangan pilih nama domain yang neko neko, sederhana dan membelinya ditempat terpercaya. Terimakasih anda sudah membaca artikel kami dengan judul Tips memilih nama domain untuk blog sampai selesai semoga bermanfaat.

Leave a Reply